Minggu, 13 Maret 2011

Komentar Mengenai Perkuliahan 8 Maret 2011


Teori dan Motivasi Saya
Ada yang menarik ketika saya dan teman-teman mengikuti perkuliahan ke delapan mata kuliah Psikologi Pendidikan pada tanggal 8 Maret 2011. Mengapa?
Pada pertemuan kali itu kami membahas materi Kognitif, Tujuan Instruksional, dan Motivasi. Yang lebih menarik lagi, Bu Dina mengenalkan kami tentang JOHARI WINDOWS. Saya mengernyitkan dahi karena sebelumnya saya tidak tahu dan belum pernah mendengar tentang JOHARI WINDOWS. Hingga Bu Dina menyuruh kami searching di internet akhirnya saya pun tahu.
Nah kenapa saya begitu terkesan pada pertemuan ke delapan ini adalah karena Bu Dina memberikan kesempatan pada kami dengan menyuruh setiap masing-masing kelompok mendeskripsikan sifat-sifat teman sekelompok kita tersebut lalu dievaluasi bersama teman sekelompok kita tersebut.
Saya dan teman-teman sekelompok pun melakukan hal tersebut meski awalnya kami canggung dan segan untuk menilai sifat-sifat positif dan negatif masing-masing. Namun akhirnya kami menyadari bahwa semua ini merupakan proses pembelajaran dan kami menerimanya dengan lapang dada.
Setelah kami selesai mendeskripsikan sifat-sifat dan mengevaluasinya, kami diminta untuk menentukan teori apa yang kita gunakan dalam menilai teman kita tersebut.
Ada banyak teori kognitif, namun saya memakai Teori Piaget, yaitu Asimilasi dan Akomodasi. Dimana Asimilasi itu adalah proses ketika kita mengamati sesuatu, lalu memasukkan informasi yang kita dapat dengan pengamatan tersebut ke dalam pikiran. Dengan teori ini saya memahami bahwa kita tidak boleh asal saja menilai orang tanpa mengenalnya terlebih dahulu. Begitulah yang saya lakukan pada teman sekelompok saya saya berusaha mengamati apa yang saya lihat dan memperhatikan tingkah laku mereka, setelah saya mengamati ada beberapa sifat yang baru pada mereka dan tidak saya dapatkan dari informasi sebelumnya. Lalu saya pun memasukkan informasi baru itu kedalam informasi yang sudah saya dapatkan sebelumnya.
Lalu ada proses Akomodasi, yaitu proses yang terjadi ketika menyesuaikan diri dengan informasi yang baru. Dalam hal ini, pada saat saya sudah merasa akrab dengan teman saya itu, saya lebih bisa menilai dia lebih mendalam setelah dekat dan berinteraksi dengannya. Nah karena ini pun saya mengetahui bahwa ada sifat yang sebelumnya tidak saya ketahui, kemudian saya pun mulai menyesuaikan penilaian saya dengan informasi baru yang saya dapatkan dan merubah pandangan saya.
Adapun motivasi saya melakukan penilaian ini adalah motivasi intrinsik yaitu motivasi internal untuk melakukan sesuatu demi sesuatu itu sendiri (tujuan itu sendiri). Yaitu saya memiliki tujuan dalam hal ini adalah ingin mengetahui sifat-sifat teman saya dan saya juga ingin dinilai oleh teman-teman saya. Sehingga kami menjadi terbuka satu sama lain dan dapat mengintropeksi diri.
            Teori yang saya pakai adalah teori Atribusi yaitu dalam usaha memahami perilaku atau kinerjanya sendiri, orang-orang termotivasi untuk menemukan sebab-sebab yang mendasarinya. Atribusi adalah sebab-sebab yang menimbulkan hasil. Ketika seseorang berusaha untuk mengenali perilakunya sendiri, maka seseorang tersebut termotivasi untuk menemukan penyebabnya itu melakukan sesuatu.

Referensi :
Santrock.J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Prenada Media Group


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar