Selasa, 18 Desember 2012

UJIAN AKHIR SEMESTER


Dinamika Psikologi Belajar

Di semester lima ini saya medapat kesempatan mengambil mata kuliah pilihan psikologi belajar dengan jatah pertemuan dua sks per minggu dan dididik oleh dosen pengampunya Bu Dina.
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan proses mental manusia. Nah, apa itu psikologi belajar? Psikologi belajar terdiri dua penggalan kata yaitu psikologi dan belajar. Psikologi berasal dari bahasa Yunani yaitu psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Sedangkan belajar dapat diartikan sebagai suatu perubahan yang terjadi dalam diri seseorang mengenai hal-hal yang bermanfaat baginya. Jadi, psikologi belajar dapat diartikan dengan suatu disiplin ilmu yang membahas tentang pemahaman proses kejiwaan dan mental dalam tingkah laku manusia untuk kepentingan mendidik dan membina perkembangan kepribadian manusia. Belajar merupakan suatu proses kemanusiaan yang sangat mendasar dan kompleks. Dengan belajar seorang manusia menyerap ilmu, pengetahuan, dan pengalaman  dari lingkungan sekitarnya.
Selama satu semester ini banyak pelajaran dan hal-hal baru yang saya dapat di mata kuliah psikologi belajar ini, yaitu metode belajar yang berbeda dan tidak pernah saya dapatkan sebelumnya di mata kuliah lain, penugasannya, materi dan yang paling penting adalah proses belajar yang saya alami di mata kuliah ini.
Di mata kuliah ini saya mempelajari teori-teori belajar dari sejumlah tokoh psikolog yang banyak memberikan kontribusinya dalam dunia psikologi. Adapun tokoh-tokoh yang saya pelajari tersebut adalah Skinner, Ivan Pavlov, Edward Thorndike, Max Wertheimer, Robert Gagne, Jean Piaget, Lev S. Vygotsky, dan Albert Bandura. Dosen pengampu berusaha menjelaskan setiap teori dengan praktik belajarnya langsung sehingga menjadi aplikatif. Setiap minggu mempelajari para tokoh dan teori-teorinya, bagi saya memiliki dinamika tersendiri dalam mata kuliah psikologi belajar ini. Saya berusaha akan menjelaskannya dengan sebaik mungkin berdasarkan proses belajar yang relah saya alami.
Pada pertama dan kedua kali pertemuan mata kuliah psikologi belajar ini, saya tidak dapat menghadiri kuliah dikarenakan keadaan saya yang masih liburan. Namun saya mendapat informasi dari teman saya kalau dipertemuan pertama dan kedua tersebut telah di bagi kelompok dengan jumlah tiga orang perkelompoknya. Dan yang menjadi teman satu kelompok dengan saya selama satu semester adalah Ahmad Fauzi Tarigan dan Rosa Mentari Putri. Saya banyak mengalami hal-hal baru dan proses belajar dengan mereka.
Lalu pada pertemuan ketiga, saya mengikuti kuliah ini dan seterusnya tanpa bolos sekalipun. Pada pertemuan kedua tersebut, dosen dan komting memfixkan anggota-anggota dalam setiap kelompok agar tidak terjadi perubahan nantinya dan membicarakan kontrak kuliah dan bagaimana metode dan proses belajar mata kuliah ini selama satu semester. Kelas ini berjumlah empat puluh tujuh siswa dan dibagi menjadi empat belas kelompok. Setiap kelompok telah diberi satu tokoh untuk dipelajari dan membuat rangkumannya yang kemudian telah diposting diblog untuk didiskusikan bersama teman sekelompoknya dan membahas pengalaman-pengalaman yang telah dialami untuk mengetahu proses belajar yang terjadi dan dipandu oleh dosen pengampu. Kelompok saya mendapat tokoh Robert Gagne. Tokoh ini baru saya temukan dimata kuliah ini karena dimata kuliah sebelumnya saya tidak pernah mempelajari tokoh ini. Setiap kelompok diminta untuk membahas pengalaman belajar di waktu kecil sesuai dengan teori tokoh untuk kelompoknya. Menurut saya ini sangat efektif karena dengan membahas pengalaman-pengalaman lalu dan dikaitkan dengan teori tokoh tersebut kita dapat mengetahui proses belajar yang terjadi dan saat di kelas juga kami mengalami proses belajar tersebut. Kami juga diberi tugas untuk membuat mind map mengenai materi selanjutnya.
Kondisi belajar menurut Gagne adalah keterampilan, apresiasi, penalaran manusia, dengan semua variasinya, harapan, aspirasi, sikap, nilai-nilai manusia, perkembangannya sebagian besar bergantung pada peristiwa yang disebut dengan belajar ( Gagnẻ,1985,h.1).
Pada pertemuan keempat kami diberi tugas online dikarenakan dosen pengampu tidak dapat menghadiri kelas. Adapun tugas yang diberikan adalah setiap orang diwajibkan memikirkan dan menuliskan contoh berdasarkan pengalaman masing-masing untuk masing-masing fungsi (tidak boleh ada yang sama). Setelah itu Gambar 1.1 Perspektif Psikologis Tentang Faktor-faktor utama dalam Belajar di halaman tiga puluh tiga. Silahkan berikan uraian dan penjelasan secara maksimal kaitan dengan contoh yang anda buat pada poin satu dihubungkan dengan poin dua. Menurut saya hal ni sangat menarik karena sebelumnya saya tidak mengetahui bahwa hal itu merupakan proses belajar ketika saya kecil.
Lalu pada pertemuan kelima kami juga telah diberi tugas sebelumnya yaitu membuat rangkuman tentang teori-teori belajar awal yaitu behaviorisme dan psikologi Gestalt. Kegiatan belajar pada pertemuan kelima tersebut adalah kami menonton film untuk dianlisis nantinya. Film yang kami tonton adalah film Inggris yang berjudul Kinky Boots. Dan dianalisis dengan psikologi Gestalt. Film ini memberi inspirasi bagi semuaorang untuk tidak menyerah darikeadaan yang sangat sulit, karena seperti pepatah, ada banyak jalan menuju roma, tinggal bagaimana kita berusaha.
Sedangkan pada pertemuan keenam kegiatan belajarnya telah ditentukan oleh dosen pengampu dan sebelumnya kami juga telah diberi tugas untuk menganalisis pengalaman pribadi dengan teori Skinner. Adapun kegiatan belajar yang terjadi adalah kami diberi tiga lembar kertas dan disuruh untuk membuat sebuah produk dengan panduan teori belajar Skinner. Saya tidak mengerti tugas yang dimaksud, namun saya mencoba membuat dengan sepemahaman saya. Ternyata tugas ini bertujuan untuk mengasah kreativitas dan kognitif kita. Produk yang saya buat adalah karangan saya berupa artikel singkat yang saya peroleh dari stimulus yang diberikan, yaitu berupa artikel mengenai gerakan-gerakan untuk dibuat perlombaan-perlombaan yang bertema edukatif dan positif untuk membentuk perilaku anak dan merupakan salah satu proses pembelajarannya yang disertai dengan reward dan penguatan. Saya tidak menggunakan atau membentuk kertas-kertas yang diberikan, namun akhirnya saya mengerti dan menyukainya serta berharap suatu saat dapat diberikan kesempatan lagi untuk memperbaikinya dan untuk menjadi lebih baik. Ternyata tugas ini bertujuan untuk mengasah kreativitas dan kognitif kita. Bagi produk yang menarik Bu dina akan memberikan reward (Skinner).
Pembelajaran hari itu sangat erat hubungannya dengan teori belajar Skinner. Dimana proses belajar itu dapat berhasil dan terjadi jika diberikan reward dan reinforcement, yaitu bagi teman-teman yang menerima reward, tentu menjadi reinforcement bagi mereka sehingga mereka akan terus mengulang perilaku mereka yaitu untuk terus belajar kapan saja dan dimana saja dengan mengasah kreativitas dan menjadi kritis.
Pertemuan ketujuh kami diberi tugas untuk menjawab pertanyaan dibab perkembangan psikologi kultural-historis Lev S. Vigotsky. Disini proses kognitif berjalan ketika kami berpikir untuk menjawab pertanyaan tersebut dan dikaitkan dengan teori Vygotsky.
Pada pertemuan kedelapan, yaitu pertemuan terakhir sebelum ujian tengah semester, kegiatan belajar yang telah disiapkan dosen pengampu sangat menarik, dimana kami dibagi kelompok yang anggotanya berjumlah sepuluh sampai sebelas orang. Setiap orangnya akan diberi sebuah cerita untuk disampaikan keteman lainnya dan seterusnya. Ternyata ketika pada teman terakhir cerita telah berubah dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan cerita yang sebenarnya. Perspektif kognitif menjelaskan ini bahwa setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda. Sehingga pandangan setiap orang terhadap suatu masalah itu juga berbeda. Sebelumnya untuk tugas dirumah kami juga disuruh untuk mengerjakan tugas mencari jurnal dan membahasnya dengan sehubungan dengan teori dan membuat reviewnya.
Untuk ujian tengah semester, kami diberi ujian online yaitu memposting setrategi belajar sesuai dengan tokoh dan teori yang telah diberi untuk diterapkan kedalam kelas. Ini merupakan tugas kelompok dan menjadi tantangan untuk kami karena harus merancang strategi belajar yang efektif.
Pada pertemuan kesembilan setelah ujian tengah semester, dosen pengampu tidak dapat hadir dan memberi kami tugas yaitu berupa pertanyaan dan diposting diblog: Mengapa mahasiswa psikologi USU yang mengambil mata kuliah psikologi belajar TA 2012/2013 semester ganjil sebahagian besar tidak memberikan tanggapan di grup sehubungan dengan rencana melakukan observasi di lapangan?” Masing-masing orang silahkan dianalisis dengan teori Gagne, Piaget dan Bandura. Ini merupakan teguran untuk kami agar tidak cuek terhadap hal sekecil apapun karena itu merupakan proses belajar.
Pertemuan sepuluh kami diberi tugas untuk melakukan observasi di SMK Tritech Informatika Medan dan harus menulis laporannya dengan teori belajar Gagne dengan memposting diblog. Ini sangat menarik karena kami mempraktiknya langsung dan menjadi proses belajar bagi kami.
Sedangkan pada pertemuan kesebelas kami membahas ujian akhir semester mata kuliah psikologi belajar ini. Setelah berdiskusi akhirnya pilihan jatuh pada diberi dua pilihan untuk menulis dan membahas dengan kerangka, pertama: Berkaitan dengan dinamika mata kuliah psikologi belajar dan pilihan kedua yaitu berkaitan dengan penugasan mata kuliah psikologi belajar dengan mata kuliah lain pada semester ini.
Selama satu semester (sudah hampir berakhir) menjalani mata kuliah psikologi belajar ini, memiliki banyak sekali makna untuk saya. Mata kuliah ini sangat unik. Disini kita dituntut untuk berpikir sekritis mungkin dan dapat menggali kreativitas. Mata kuliah ini tidak kaku dan memberikan kebebasan dalam belajar tidak seperti mata kuliah lainnya yang harus mengikuti banyak aturan.
Saya mendapat pelajaran penting mengenai belajar dan yang sering saya lupakan, yaitu bahwa belajar adalah proses yang terus terjadi sepanjang hidup dan merupakan fitrah bagi kita manusia untuk terus menggali potensi-potensi yang ada agar kita menjadi manusia yang berguna. Terima kasih kepada dosen pengampu.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar